Museum

The Blanco Renaissance Museum: Profil Singkat dan Alamat

The Blanco Renaissance Museum terletak di Bali. Museum ini merupakan museum khusus yang memarken karya-karya dari Don Antonio Blanco.

Beberapa koleksi lukisan sang maestro antara lain: Ni Bawang (The Cinderella of Bali), Balinese Dancer, Eve’s Apple is Still Intact, Odalisque (A Corner in the Blanco studio), My Castle of Dreams, dan lainnya.

Arsitektur bangunan The Blanco Renaissance Museum merupakan perpaduan antara arsitektur Spanyol dan Bali. Hal itu menggambarkan perpaduan antara Blanco dan istrinya.

Di depan pintu masuk museum, berdiri megah gapura yang menyambut pengunjung. Gapura ini merupakan logo museum yang berbentuk tanda tangan sang maestro.

Sejarah singkat The Blanco Renaissance Museum

Don Antonio Blanco adalah seniman asal Spanyol yang tiba di Bali pada 1952. Saat itu sedang mencari sebuah ”surga dunia”. Dari mata turun ke hati, Don Antonio Blanco jatuh cinta dengan keindahan Bali.

Ia pun akhirnya diizinkan tinggal di Ubud oleh Raja Ubud saat itu. Syaratnya hanya satu, Don Antonio Blanco harus mempromosikan Bali ke seluruh dunia.

Dalam perkembangannya, Don Antonio Blanco menikahi perempuan Bali bernama Ni Rondji, putri dari tukang kayu yang membantunya membangun rumah di ubud.

Sebagaian seorang seniman, impian terakhir Don Antonio Blanco adalah mendirikan sebuah museum di Ubud yang kelak bernama The Blanco Renaissance Museum.

Ia mendesain konsep museum dan meletakkan batu pertamanya pada 1998. Sayangnya, saat museum diresmikan pada 2000, Don Antonio Blanco sudah tidak sempat menyaksikannya.

Alamat

The Blanco Renaissance Museum berlokasi di Jalan Raya Campuhan Ubud, Gianyar, Bali.

Lihat Lokasi di Google Maps: The Blanco Renaissance Museum

Jarak tempuh ke museum dari Bandara Ngurah Rai sekitar 38 km.

Untuk informasi mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di websitenya: blancomuseum.com

Atau Instagram-nya di: @blancomuseum

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid II, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)