Museum

The Bagong Adventure Museum Tubuh: Profil Singkat dan Alamat

The Bagong Adventure Museum Tubuh terletak di Kota Batu, dekat Malang. Museum ini merupakan museum tematik pertama yang menunjukkan tentang anatomi tubuh manusia.

Salah satu koleksi unggulan Museum Tubuh ini adalah adanya spesimen manusia asli yang diawetkan dengan teknik plastinasi. Teknik plastinasi sendiri dikembangkan oleh Prof. Gunther Von Hagen.

Tubuh manusia plastinasi bisa ditemukan di ruang khusus bernama ruang eksibisi. Menariknya, koleksi tubuh manusia plastinasi ini merupakan satu-satunya di Asia Tenggara.

Museum tubuh berdiri di atas lahan 1 hektar. Bangunannya berbentuk relief tubuh manusia dengan karakter Bagong. Museum ini terdiri dari 6 lantai.

Untuk lebih menjelaskan tentang anatomi tubuh manusia, museum dibagi ke dalam beberapa zona. Mulai dari zona gigi, zona hidung, zona mata, zona telinga, zona otak, zona pembuluh darah, zona jantung, dan masih banyak zona-zona lainnya.

Sejarah singkat The Bagong Adventure Museum Tubuh

The Bagong Adventure Museum Tubuh bagian dari Jatim Park Group. Tujuan pendirian museum yaitu sebagai sarana hiburan dan rekreasi bagi masyarakat.

Selain itu, kehadiran museum ini juga sekaligus bisa menjadi sarana pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman tentang tubuh manusa. Sistem pembelajaran yang ada di sini telah disesuaikan dengan Kurikulum Pendidikan Dasar hingga menengah sehingga koleksi yang dipamerkan cocok untuk menambah pengetahuan siswa.

Alamat

The Bagong Adventure Museum Tubuh berlokasi satu area dengan Jawa Timur Park 1 di Jalan Kartika No. 2 Kota Wisata Batu.

Lihat Lokasi di Google Maps: The Bagong Adventure Museum Tubuh

Jarak tempuh ke museum dari Bandara Abdurrahman Saleh sekitar 27 km. Dari Stasiun Malang 18,2 km dan dari Terminal Arjosari sekitar 20 km.

Untuk informasi mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di websitenya: jtp.id

Atau Instagram-nya di: @museumtubuh

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid II, Kemendikbud | website museum tubuh

Latest posts by RP Budiman (see all)