Museum

Museum Zoologi Bogor: Profil Singkat dan Alamat

Museum Zoologi Bogor menyajikan koleksi keanekaragaman fauna di Indonesia. Jenis faunanya meliputi binatang mamalia, reptil dan amfibia, serangga, burung, invertebrata atau hewan yang tak bertulang belakang, serta beragam jenis ikan.

Koleksi dari museum ini hasil dari pengumpulan J.C. Koningsberger yang sebagian berasal dari wilayah Indonesia. Ada juga koleksi yang berasal dari beberapa negara.

J.C. Koningsberger merupakan seorang ahli botani Belanda yang menjadi salah satu perintis berdirinya Kebun Raya Bogor.

Sejarah singkat Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor didirikan pada 1894 atas gagasan dari J.C. Koningsberger. Sedangkan peresmiannya dilakukan pada akhir Agustus 1901.

Pada awalnya, museum diberi nama Landbouw Zoologisch Museum. Nama ini berganti pada 1906 menjadi Zoologisch Museum. Empat tahun kemudian, nama museum kembali berganti menjadi Zoologisch Museum en Laboratorium.

Antara tahun 1945-1947, museum ini lebih dikenal sebagai Museum Zoologicum Bogoriense. Pada akhirnya, penamaannya berganti lagi menjadi Museum Zoologi Bogor.

Saat pertama kali berdiri, bangunannya hanya berupa ruang kecil dan sederhana. Tak hanya museum, bangunan juga digunakan sebagai laboratorium.

Kemudian pada tahun 1901, didirikanlah gedung baru untuk Museum. Gedung baru ini menjadi ruang koleksi, ruang kerja, ruang pameran, dan juga laboratorium.

Museum berada di bawah kepemilikan Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dikelola oleh Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI.

Alamat

Museum Zoologi Bogor berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No. 9, Paledang, Kota Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Zoologi Bogor

Jarak tempuh ke museum dari Stasiun Bogor sekitar 4 km dan dari Terminal Baranang Siang sekitar 1,2 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk, kamu bisa lihat di Instagram-nya: @mzb1894

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)