Museum

Museum WR Soepratman: Profil Singkat dan Alamat

Museum WR Soepratman terletak di Surabaya. Museum ini menempati rumah yang pernah menjadi tempat tinggal Wage Rudolf (WR) Soepratman, sang pencipta lagu Indonesia Raya.

WR Soepratman tinggal di rumah tersebut dari tahun 1937 hingga meninggal dunia pada 17 Agustus 1938. Rumah tersebut terdiri dari dua kamar tidur di sisi kanan dan ruang tamu di sisi kiri. Semua koleksi yang ditampilkan merupakan koleksi pribadi dari W.R. Soepratman.

Pada ruang tamu terpasang foto WR Soepratman dengan keluarga dan teman dekatnya. Di pojok ruangannya terdapat lemari berisi replika Biola.

W.R. Soepratman sendiri tinggal di kamar depan. Kamar ini unik karena tidak memiliki akses masuk dan hanya ada jendela depan untuk mengelabui aparat Hindia Belanda.

Sejarah singkat Museum WR Soepratman

Bangunan museum merupakan rumah milik Roekiyem Soepratijah. Roekiyem adalah kakak pertama WR Soepratman. Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2018, bangunan ini resmi digunakan sebagai museum.

Saat ini museum berada di bawah kepemilikan Pemerintah Kota Surabaya. Pengelolaannya dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya.

Alamat

Museum WR Soepratman berlokasi di Jalan Mangga No.21, Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum WR Soepratman

Jarak tempuh ke museum dari Stasiun Surabaya Gubeng sekitar 2,2 km. Sedangkan jarak dari Stasiun Pasar Turi 4,8 km, dan jarak dari Terminal Bratang 7 km.

Museum buka dari hari Selasa hingga Minggu, jam 08.00 sampai dengan 15.00 WIB. Harga tiket masuknya gratis.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid II, Kemendikbud | website Bappeko Surabaya

Latest posts by RP Budiman (see all)