Museum

Museum Trinil: Profil Singkat dan Alamat

Museum Trinil terletak di Ngawi. Keberadaan Museum Trinil tak dapat dipisahkan dari situs purbakala yang ada di sekitarnya.

Situs ini diteliti oleh Eugene Dubois sekitar tahun 1891-1893. Penelitian tersebut berhasil menemukan fosil manusia purba Pithecanthropus Erectus, yang merupakan salah satu jenis manusia purba di Indonesia. Fosil inilah yang menjadi unggulan museum.

Baca Juga: Mengenal 3 Jenis Manusia Purba Indonesia Zaman Praaksara

Untuk memperingati peristiwa penemuan fosil penting tersebut, maka dibangun monumen berbentuk gambar anak panah yang mengarah ke arah timur laut. Di situ bertuliskan P.e. 175 m. Angka tersebut menunjukkan jarak menuju lokasi penemuan fosil.

Di dalam Museum Trinil terpajang etalase yang berisikan benda-benda fosil. Salah satu di antaranya adalah fosil tulang panggul gajah jenis Stegodon Trigonochepslus, serta fosil tulang pengumpil gajah.

Sejarah singkat Museum Trinil

Museum Trinil merupakan museum khusus yang mulai dirintis oleh Wirodiharjo pada 1980. Pada 20 November 1991, Soelarso yang merupakan Gubernur Jawa Timur saat itu meresmikan museum ini.

Fasilitas yang ada di sini yaitu museum dan pendopo peristirahatan, diorama fosil purbakala lengkap dengan identitas dan dekskripsinya, tempat cenderamata (souvenir), dan bumi perkemahan.

Alamat

Museum Trinil berlokasi di Dukuh Pilang, Desa Kawu, Kec. Kedunggalar, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Trinil

Jarak tempuh ke museum dari Stasiun Paron sekitar 11 km dan dari Terminal Kertonegoro berjarak 10 km. Jarak dengan ruas jalan Kecamatan Kedunggalar sekitar 7 Km. Sementara jarak dengan ruas jalan Provinsi antara Ngawi dan Solo sekitar 13 km. Sedangkan jarak dari pusat Kota Ngawi sekitar 13 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid II, Kemendikbud | website Pemkab Ngawi

Latest posts by RP Budiman (see all)