Museum

Museum Transportasi: Profil Singkat dan Alamat

Museum Transportasi terletak di Jakarta Timur. Koleksinya berupa koleksi asli dan miniatur alat transportasi dari berbagai daerah di Indonesia. Alat transportasi ini terdiri dari kendaraan yang masih digunakan maupun yang sudah tidak digunakan lagi pada masa sekarang.

Museum Transportasi juga menyajikan sarana rekreasi atraktif. Pengunjung dapat memasuki pesawat Garuda Indonesia yang pernah beroperasi ke negara ASEAN dan Australia. Selain itu, ada juga beberapa moda transportasi lainnya yang bisa dimasuki oleh pengunjung.

Sejarah singkat Museum Transportasi

Museum ini awalnya direncanakan hanya menjadi Museum Kereta Api. Namun, rencana tersebut kemudian berubah. Tak hanya kereta api, museum ini mengumpulkan, memelihara, dan memamerkan perkembangan banyak alat transportasi di Indonesia.

Presiden Soeharto meresmikan museum pada 20 April 1991. Saat ini museum berada di bawah kepemilikan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Alamat

Museum Transportasi berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Transportasi

Jarak tempuh ke museum dari Bandara Soekarno-Hatta 46 km dan dari Bandara Halim Perdanakusuma sekitar 12 km. Sedangkan dari Stasiun Gambir berjarak 23,9 km dan dari Stasiun Senen 21,7 km. Dari Terminal Kampung Rambutan berjarak 5,7 km dan dari Terminal Rawamangun sekitar 17,7 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk, kamu bisa lihat di Instagram-nya: @museumtransportasi

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)