Museum

Museum Kehutanan “Ir. Djamaludin Suryohadikusumo”

Museum Kehutanan Ir. Djamaludin Suryohadikusumo terletak di Jakarta Pusat. Museum ini menjadi satu-satunya museum di Jakarta yang bertemakan kehutanan. Sesuai namanya, museum ini bertujuan menjadi pusat dokumentasi kehutanan di Indonesia.

Museum memiliki dua lantai. Di lantai pertama terdapat artefak kehutanan dan informasi mengenai jenis-jenis hutan yang disajikan dalam bentuk diorama. Sedangkan di lantai kedua berisi pameran foto dan beragam informasi terkait hutan di Indonesia.

Sejarah singkat Museum Kehutanan Ir. Djamaludin Suryohadikusumo

Museum kehutanan ini diresmikan pada 24 Agustus 1983. Pada saat itu, museum ini bernama Museum Kehutanan Manggala Wanabakti.

Pada 5 Juni 2015, nama museum diganti menjadi Museum Kehutanan Ir. Djamaludin Suryohadikusumo. Saat ini museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Alamat

Museum Kehutanan “Ir. Djamaludin Suryohadikusumo” berlokasi di Kompleks Manggala Wanabakti, RT.01/03, Gelora, Tanahabang, Jakarta Pusat.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Kehutanan “Ir. Djamaludin Suryohadikusumo”

Jarak museum dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar 26,9 km. Sedangkan jarak dari Stasiun Palmerah sekitar 3,1 km, jarak dari Stasiun Karet sekitar 3,8 km dan jarak dari Stasiun Gambir sekitar 8,2 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di websitenya: muspera.menlhk.go.id

Atau Instagram-nya: @museumkehutanan

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud | website museum

Latest posts by RP Budiman (see all)