Museum

Museum Keprajuritan

Museum Keprajuritan terletak di Jakarta Timur. Museum ini menceritakan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dengan rentang periode dari abad ke-7 hingga abad ke-19.

Bangunan museum berbentuk benteng persegi lima yang desainnya memiliki makna. Bentuk persegi lima itu juga menunjukan dasar negara, yaitu Pancasila. Menara atau bastion yang ada di museum memiliki arti kewaspadaan nasional demi dan untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bangunan berbentuk benteng bergaya abad ke-16 melambangkan kuatnya pertahanan bangsa Indonesia dalam menangkal ancaman dari luar. Pada bagian dalam benteng pun punya makna. Bagian dalam tersebut menggambarkan jiwa dan semangat keprajuritan bangsa Indonesia dalam menegakkan martabat dan kedaulatan wilayah Tanah Air.

Gerbang utama bangunan yang besar mencerminkan sifat keterbukaan dan keramahan masyarakat Indonesia terhadap dunia luar. Sementara itu, parit yang mengelilingi benteng menggambarkan rintangan yang menjadi bagian dalam usaha pertahanan negara.

Museum memiliki koleksi yang berupa diorama, fragmen patung, boneka prajurit, patung pahlawan, miniatur (panji, formasi tempur, dan benteng) dan replika meriam. Ada juga kapal yang dipajang di depan museum. Kapal pinisi ini melambangkan kekuatan armada Indonesia bagian timur dan Kapal Banten yang melambangkan kekuatan armada Indonesia bagian barat.

Sumber: akun Youtube Pusat Sejarah TNI

Sejarah singkat Museum Keprajuritan

Museum Keprajuritan adalah museum khusus yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 5 Juli 1987. Saat ini museum dikelola oleh Pusat Sejarah TNI.

Alamat

Museum Keprajuritan berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Keprajuritan

Jarak museum dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar 46,4 km dan jarak dari Bandara Halim Perdanakusuma sekitar 12,3 km. Sedangkan jarak dari Stasiun Gambir sekitar 24,3 km, jarak dari Stasiun Senen sekitar 22,1 km, jarak dari Terminal Kampung Rambutan sekitar 6 km, dan jarak dari Terminal Rawamangun sekitar 18,1 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di websitenya: sejarah-tni.mil.id

Atau Instagram-nya: @musjuritindo

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud | website museum

Latest posts by RP Budiman (see all)