Museum

Museum Jenderal Besar Dr. A.H. Nasution

Museum Jenderal Besar Dr. A.H. Nasution terletak di Jakarta Pusat. Museum ini menceritakan mengenai terjadinya peristiwa G30S/PKI, terutama kisah upaya penculikan Jenderal A.H. Nasution.

Pada peristiwa tersebut, putri A.H. Nasution yang bernama Ade Irma Suryani tewas. Sedangkan upaya penculikan Jenderal A.H. Nasution sendiri gagal karena aksi heroik ajudannya, Lettu Czi Piere Andreas Tendean, yang mengaku sebagai sang jenderal.

Sejarah singkat Museum Jenderal Besar Dr. A.H. Nasution

Museum diresmikan pada 3 Desember 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tanggal itu bertepatan dengan hari kelahiran Jenderal A.H. Nasution.

Rumah yang dijadikan museum merupakan tempat kediaman Jenderal A.H Nasution. Sebelumnya, rumah ini adalah tempat tinggal pegawai Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang dibangun pada tahun 1923.

Jenderal A.H. Nasution bersama keluarganya menempati rumah ini sejak menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) tahun 1949 hingga wafatnya pada 6 September 2000. Keluarga Nasution kemudian pindah pada 29 Juli 2008. Setelahnya, rumah ini pun menjadi museum.

Alamat

Museum Jenderal Besar Dr. A.H. Nasution berlokasi di Jalan Teuku Umar No.40, RT.1/RW.1, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Jenderal Besar Dr. A.H. Nasution

Jarak museum dari Stasiun Sudirman sekitar 2,6 km dan jarak dari Stasiun Manggarai sekitar 3,8 km. Sedangkan jarak dari Terminal Manggarai sekitar 4 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di akun Instagram-nya: @nasutionmuseum

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)