Museum

Museum Benteng Heritage: Profil Singkat dan Alamat

Museum Benteng Heritage menyajikan hal-hal unik dibalik sejarah kehidupan etnis Tionghoa di Indonesia, khususnya di Tangerang. Kehadiran museum ini menjadi salah satu cara untuk melestarikan peninggalan sejarah.

Museum menampilkan cerita bagaimana orang-orang Tionghoa Tangerang (Cina Benteng) hadir dan berkembang di Tangerang. Bermula dari pendaratan orang Tionghoa pada tahun 1407 di Teluk Naga.

Pendaratan dipimpin oleh Cheng Ci Lung. Ia diduga merupakan bagian dari rombongan armada Laksamana Cheng Ho, seorang laksamana Tiongkok tersohor yang berlayar ke Nan Yang (Laut Selatan).

Tak hanya menyajikan koleksinya, museum pun punya berbagai program menarik. Pengunjung dapat mengikuti Heritage walk, workshop kuliner, dan berbagai seminar lainnya.

Sejarah singkat Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage menempati bangunan berarsitektur Tionghoa yang diduga merupakan bangunan tertua di Kota Tangerang. Bangunan ini diperkirakan dibangun pada abad ke-17.

Untuk dijadikan museum, bangunan tersebut kemudian direstorasi. Setelah selesai, barulah diresmikan sebagai museum pada tahun 2011. Kepemilikan dan pengelolaannya dipegang oleh Yayasan Benteng Heritage.

Alamat

Museum Benteng Heritage berlokasi di Jalan Cilame No. 20, Pasar Lama Tangerang, Banten.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Benteng Heritage

Jarak tempuh ke museum dari Bandar Udara Soekarno Hatta sekitar 16,9 km dan jarak dari Stasiun Tangerang sekitar 260 m.

Untuk informasi mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di websitenya: bentengheritage.com

Atau Instagram-nya di: @bentengheritage

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)