Museum

Museum BPK RI: Profil Singkat dan Alamat

Museum BPK RI terletak di Magelang. Keberadaan Museum ini telah menjadi rujukan publik mengenai sejarah lahirnya suatu lembaga negara yang bernama Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Sesuai namanya, museum menampilkan perjalanan sejarah lembaga ini. Ruang pamernya disajikan dengan informatif, kreatif, dan edukatif, seperti ruang wajah BPK RI, titik nol, rekam jejak, kids corner, dan audio visual.

Sumber: akun Youtube Museum BPK RI

Sejarah singkat Museum BPK RI

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dibentuk berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 pasal 23 ayat 5. Selanjutnya dengan penetapan Pemerintah RI Nomor 11/Oem tanggal 28 Desember 1946, BPK RI membuka kantor pertama di Magelang.

Pada waktu pertama kali dibentuk, BPK hanya mempunyai 9 orang pegawai. Kala itu R. Soerasno diangkat sebagai Ketuanya. Lembaga ini mulai berfungsi penuh pada 1 Januari 1947.

Museum ini sendiri didirikan pada 4 Desember 1997 dan diresmikan oleh Dr. JB. Sumarlin. Bangunan museum dulunya merupakan bagian dari Kompleks Karesidenan Kedu. Di gedung inilah pertama kalinya BPK berkantor.

Alamat

Museum BPK RI berlokasi di Jalan Diponegoro No1, Magelang, Jawa Tengah.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum BPK RI

Jarak tempuh ke museum dari Bandara Adi Sutjipto sekitar 49,1 km, dari Stasiun Tugu 44,7 km, dan dari Stasiun Lempuyangan sekitar 46,5 km.

Untuk informasi mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di websitenya: museum.bpk.go.id

Atau Instagram-nya di: @museum_bpkri

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)