Museum

Museum Batik Yogyakarta: Profil Singkat dan Alamat

Museum Batik Yogyakarta memiliki beragam koleksi batik. Tak hanya kainnya, tetapi juga alat dan perlengkapan untuk membuat batik sehingga teknik dan pengetahuan tentang batik tetap terjaga.

Lebih jauh, museum ini mengembangkan klinik perawatan dan konservasi batik serta mendokumentasikan motif-motif batik yang ada. Selain itu, museum terbuka untuk umum sebagai sumber rujukan informasi dan konsultasi mengenai batik.

Sejarah singkat Museum Batik Yogyakarta

Museum ini didirikan atas inisiatif Hadi Nugroho dan istrinya, Dewi Sukaningsih. Upaya yang didukung oleh para sahabat dan keluarga besar mereka.

Museum Batik Yogyakarta resmi didirikan sejak tahun 1979. Dalam perkembangannya, museum berperan dalam mendukung upaya-upaya preservasi batik yang otentik.

Hal ini sejalan dengan ditetapkannya batik sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 2001. Kota Yogyakarta juga telah ditetapkan sebagai Kota Batik oleh WCC pada tahun 2014.

Alamat

Museum Batik Yogyakarta berlokasi di Jalan Dr. Sutomo 13A, Bausasran, Kecamatan Danurejan, Yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan Hotel Museum Batik.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Batik Yogyakarta

Jarak tempuh ke museum dari Jarak tempuh ke museum dari Bandara Adi Sutjipto sekitar 8,5 km. Dari Stasiun Tugu 2,7 km, dari Stasiun Lempuyangan 1,6 km, dan dari Terminal Giwangan berjarak 6 km.

Untuk informasi mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di websitenya: museumbatik.com

Atau Instagram-nya di: @museumbatikyogyakartaofficial

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid II, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)