Populer

6 Contoh Kerajinan Non Benda dan Pengertiannya, Ada di Sekitar Kita

Kerajinan non benda adalah kerajinan yang hasil karyanya bukan berupa benda. Bentuk kerajinan ini hanya bisa dirasakan tanpa bisa disentuh karena kehadirannya yang bersifat abstrak. Namun, dengan kemajuan teknologi, setiap kerajinan ini bisa diabadikan dalam bentuk gambar atau video.

Kerajinan non benda berkaitan dengan budaya yang hadir di sekitar masyarakat. Pembuatan kerajinan non benda bisa saja terinspirasi atau berasal dari kebudayaan tertentu.

Disarikan dari beberapa sumber, berikut ini 6 contoh kerajinan yang bersifat non benda. Simak, yuk!

1. Musik

kerajinan-non-benda-musik
ilustasi musik

Musik adalah nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan. Musik biasanya dimainkan dengan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi.

Saat ini, banyak jenis musik yang bisa dinikmati sebagai hasil kerajinan non benda. Misalnya saja musik dangdut, musik pop, music rock, dan sebagainya. Setiap jenis musim tersebut memiliki karakternya tersendiri.

2. Tari

kerajinan-non-benda-dance-tari
ilustrasi tari

Tari adalah gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang memiliki irama, biasanya diiringi bunyi-bunyian berupa musik, gamelan, dan sebagainya.

Jenis tari banyak macamnya. Jika berdasarkan koreografinya, ada empat jenis tari, yaitu tari tradisional, tari kreasi baru, tari kontemporer, dan tari modern.

Tari tradisional merupakan tarian khas yang koreografinya diwariskan secara turun temurun. Biasanya merupakan tari khas dari suatu daerah tertentu.

Tari kreasi baru merupakan tari yang gerakannya bersifat bebas dan dirancang menurut kreasi dari penata tari tertentu. Tentu saja dengan tetap menjaga nilai artistik dari gerakan tari tersebut.

Tari kontemporer merupakan jenis tari yang berkembang di Indonesia, tetapi gerak yang digunakan tak lagi berdasarkan pada gerakan tari tradisional. Gerakan tarinya bersifat simbolik dengan koreografi bergaya unik dan sarat penafsiran.

Tari modern merupakan jenis tari yang mengungkapkan emosi manusia secara bebas. Pola-pola gerakannya lebih bebas, tetapi masih memperlihatkan keindahan.

3. Contoh kerajinan non benda berikutnya: Drama

kerajinan non benda drama
ilustrasi drama

Merujuk pada KBBI, drama adalah komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku (peran) atau dialog yang dipentaskan.

Pengertian lainnya, drama merupakan cerita atau kisah yang memiliki konflik atau emosi, yang khusus disusun untuk pertunjukan teater. Tokoh dalam drama biasanya terdiri dari tokoh protagonis yang baik dan tokoh antagonis yang jahat.

Naskah drama ditulis oleh sutradara. Naskah bisa dibaca, dramanya bisa dilihat dan maknanya bisa dirasakan. Meski begitu, drama bersifat abstrak dan karena itu drama bisa dimasukkan ke dalam kerajinan non benda.

4. Puisi

kerajinan non benda puisi
ilustrasi puisi

Puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Puisi pun bisa diartikan sebagai gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman hidup dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama dan makna khusus.

5. Pantun

pantun
ilustrasi pantun

Pantun merupakan karya sastra yang tiap baitnya terdiri dari empat baris bersajak (a-b-a-b). Baris pertama dan baris kedua biasanya untuk sampiran atau tumpuan, sementara baris ketiga dan keempat merupakan isi.

Pantun dibuat untuk menyampaikan pesan atau makna tertentu tanpa menyakiti perasaan orang yang dituju.

Ada banyak jenis pantun. Misalnya saja pantun kiasan, pantun cinta, pantun nasihat, pantun jenaka, pantun teka-teki, dan pantun peribahasa.

6. Teknik, kecakapan, atau keahlian khusus

batik
ilustrasi batik

Kecakapan bisa diartikan sebagai kepandaian dan kemahiran dalam mengerjakan sesuatu. Teknik, kecakapan, atau keahlian khusus ini bisa diturunkan secara turun temurun dan menjadi salah satu kerajinan non beda.

Hasil akhir dari kecakapan tertentu bisa saja berupa benda. Misalnya teknik pembuatan kain batik yang dibuat secara tradisional. Batiknya merupakan benda, tetapi teknik pembuatannya merupakan keahlian khusus tertentu.

***

Itulah 6 contoh kerajinan non benda dan pengertiannya. Inspirasi dalam kerajinan non benda dapat dikembangkan dengan terlebih dahulu mengenal budaya tradisional di Indonesia maupun dunia. Kerajinan non benda layak dikonsumsi sebagai pemenuhan kebutuhan spiritual.

Referensi: Repositori Kemdikbub – PKWU Kerajinan | tirto.id | gambar: Wikimedia Commons dan Canva

Latest posts by RP Budiman (see all)