Museum

Museum Wallacea Universitas Halu Oloeo, Kendari

Museum Wallacea Universitas Halu Oloeo, terletak di Kota Kendari. Sesuai dengan namanya, museum yang dimiliki dan dikelola oleh Universitas Halu Oleo ini menyajikan koleksi berupa flora dan fauna yang pernah hidup di wilayah Wallacea, baik yang sudah punah maupun langka.

Museum ini memiliki visi untuk menjadi tempat melestarikan aneka ragam organisme air, darat, dan mikroorganisme di sekitar Kawasan Sulawesi sampai Kepulauan Papua. Selain itu, museum ingin menjadi sumber informasi tentang keanekaragaman hayati dan budaya di kawasan dengan cara mengoleksi jurnal-jurnal ilmiah dengan tema terkait.

Sejarah singkat Museum Wallacea, Universitas Halu Oloeo

Pendirian museum berdasarkan pada gagasan Prof. Dr. Ir. Usman Rianse. Museum ini sudah dirintis sejak tahun 2009. Saat ini lokasi museum berada di Gedung Pasca Sarjana Universitas Halu Oleo Lantai 4.

Alamat

Museum Wallacea berlokasi di Jalan Mayjen S. Parman, Gedung Pascasarjana Kampus Lama Universitas Halu Oleo, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Wallacea Universitas Halu Oloeo, Kendari

Jarak museum dari Bandara Haluoleo sekitar 24,1 km. Sedangkan jarak dari Terminal Baruga sekitar 14,5 km, dan jarak dari Pelabuhan Nusantara Ken sekitar 6,5 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid II, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)