Museum

Museum Provinsi Sulawesi Tenggara

Museum Provinsi Sulawesi Tenggara terletak di kota Kendari. Museum ini menceritakan mengenai sejarah dan budaya Sulawesi khususnya bagian tenggara.

Koleksi yang dimiliki museum meliputi benda-benda berkategori geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa, dan teknologika. Koleksi unggulan museum berupa Soronga atau wadah kubur.

Sejarah singkat Museum Provinsi Sulawesi Tenggara

Pendirian Museum Provinsi Sulawesi Tenggara bisa dirunut pada tahun 1978/1979. Pada tahun tersebut, terdapat proyek pembinaan permuseuman yang dikelola bidang Peninggalan Sejarah dan Kepurbakalaan di lingkungan Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam perkembangannya, pada 1991, Museum Sulawesi Tenggara resmi berstatus Museum Provinsi yang merupakan Unit Pelaksana Teknis dibawah Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Sejak adanya otonomi daerah, kepemilikan dan pengelolaan museum dilimpahkan kepada pemerintah provinsi. Setelah beberapa kali berganti unit, sejak 2011 museum menjadi Unit Pengelola Teknis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Alamat

Museum Provinsi Sulawesi Tenggara berlokasi di Jalan Abunawas No. 191, Kel. Bende, Kec. Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Provinsi Sulawesi Tenggara

Jarak museum dari Bandara Halu Oleo sekitar 22 km. Sedangkan jarak dari Terminal Bus Puwatu sekitar 12 km, dan jarak dari Pelabuhan Laut Ken sekitar 8 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid II, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)