Museum

Museum Santa Maria Juanda

Museum Santa Maria Juanda terletak di Jakarta Pusat. Museum khusus ini berada di bawah pengelolaan Komunitas Ursulin Santa Maria.

Di museum ini pengunjung dapat melihat kamar tidur pemimpin biara, chestbox, teks doa, relikui atau barang peninggalan orang suci yang dianggap berharga. Selain itu, ada juga penjelasan mengenai misi agama yang dilakukan di Batavia, Papua, dan Nanga Pinoh, Kalimantan Barat.

Sejarah singkat Museum Santa Maria Juanda

Jika berbicara tentang museum ini, maka tak akan terlepas dari satu nama, yaitu Suster Ursulin. Suster Ursulin adalah biarawati Katolik pertama yang datang di Indonesia (Batavia) pada tanggal 7 Februari 1856.

Pada perjalanannya, didirikanlah sekolah dan asrama putri pertama pada 1 Agustus 1856. Sekolah dan asrama putri itu ada sampai sekarang.

Sejak dibangunnya sekolah dan asrama putri, banyak benda-benda peninggalan sejarah yang terserak di mana-mana. Agar lebih bermanfaat, benda-benda tersebut kemudian dikumpulkan dan dipamerkan. Pada 6 Ferbruari 2011 benda-benda tersebut dipamerkan kepada murid-murid sekolah. Lima tahun kemudian tepatnya pada tahun 2016, museum dibuka untuk pengunjung umum.

Alamat

Museum Santa Maria Juanda berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No.29, RT.14/RW.4, Kel. Kebon Kelapa, Kec. Gambir, Jakarta Pusat.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Santa Maria Juanda

Jarak museum dari Stasiun Juanda sekitar 850 m dan dari Stasiun Gambir sekitar 3,2 km. Sedangkan jarak dari Terminal Pasar Senen sekitar 2,7 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di akun Instagram-nya: @museumursulinsantamaria

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)