Museum

Museum Sabang

Sesuai namanya, Museum Sabang terletak di Kota Sabang, Pulau Sabang. Pulau terujung di barat Indonesia ini punya sejarah kemaritiman yang panjang. Tak heran jika keberadaan museum menjadi sesuatu yang penting untuk mengingat sejarah tempat ini.

Jika dirunut, sejarah singkat Sabang seperti ini: pada sekitar tahun 1900, Sabang adalah sebuah desa nelayan dengan pelabuhan dan iklim yang baik. Pemerintah Hindia Belanda lantas membangun depot batu bara di sini.

Pelabuhannya diperdalam, daratannya digunakan sebagai tempat menampung batu bara dengan kapasitas mencapai 25.000 ton. Dengan adanya fasilitas pelabuhan, banyak kapal uap dan kapal laut dari banyak negara singgah. Keperluannya beragam, dari mengambil batu bara, air segar, hingga keperluan lainya. Jejak sktivitas ini bisa diliha dari masih banyaknya bangunan peninggalan Belanda.

Sebelum Perang Dunia II, Pelabuhan Sabang menjadi salah satu pelabuhan terpenting di kawasan. Namun, seiring dengan berkembangnya kapal bertenaga diesel, peran Sabang sebagai tempat batu bara pun terlupakan.

Untuk menjadikannya lebih kompetitif dalam perdagangan internasonal, pada tahun 1970, Pemerintah Republik Indonesia menjadikan Pelabuhan Sabang sebagai pelabuhan bebas. Sayangnya, status ini tak bertahan lama. Pada tahun 1986, status ini berakhir karena daerah ini dianggap rawan penyelundupan.

Pada tahun 2000, Sabang kembali dijadikan pelabuhan bebas dan kawasan perdagangan bebas. Namun, nasib masih tak berpihak pada Sabang. Ketika Aceh ditetapkan sebagai daerah operasi militer tahun 2003, aktivitas Sabang sebagai pelabuhan bebas pun terhenti.

Museum Sabang menceritakan sejarah Sabang sebagai pelabuhan penting. Koleksi unggulannya yaitu jangkar kapal dan replika kapal uap.

Sejarah singkat Museum Sabang

Pembangunan Museum Sabang digagas oleh pimpinan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BPKS) pada tahun 2013. Saat ini, museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan BPKS.

Alamat

Museum Sabang berlokasi di Jalan O. Surapati, Kuta Ateuh, Sukakarya, Kota Sabang.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Sabang

Jarak museum dari Bandara Maimun Saleh sekitar 5,5 km dan jarak dari Pelabuhan Sabang sekitar 1 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)