Museum

Museum dan Gallery Satwa Liar Dunia

Museum dan Gallery Satwa Liar Dunia terletak di Pematang Siantar. Museum khusus ini tak bisa dipisahkan dari keberadaan Taman Hewan Pematang Siantar (THPS).

THPS sendiri berawal ketika Taman Zoologi dan Botani diresmikan di atas tanah seluas 4,5 ha. Pemrakarsanya adalah Dr. Coonrad yang lalu menjabat sebagai pimpinan pertama dari Komunitas Pecinta Zoologi dan Botani, serta Taman Zoologi dan Botani tersebut.

Sejarah singkat Museum dan Gallery Satwa Liar Dunia

Tak hanya Taman Zoologi dan Botani, kemudian dibangun pula sebuah museum di tempat ini. Pada Juni 1956, Museum Zoological didirikan oleh Prof. Dr. F. J. Nainggolan.

Museum diresmikan oleh Ibu Rahmi Hatta pada 27 November 1956. Sekarang museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan PT. Unitwin Indonesia Medan.

Alamat

Museum & Gallery Satwa Liar Dunia berlokasi di Jalan Kapten Sitorus No.10, Proklamasi, Siantar Barat, Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum dan Gallery Satwa Liar Dunia

Jarak museum dari Bandara Kualanamu sekitar 111 km, jarak dari Stasiun Siantar sekitar 1 km, dan jarak dari Terminal Sukadame Pematang Siantar sekitar 2 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di akun Instagram-nya: @siantar_zoo

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud | medantourism.pemkomedan.go.id

Latest posts by RP Budiman (see all)