Museum

Museum Prangko

Museum Prangko terletak di Jakarta Timur. Museum ini berfungsi untuk mengenalkan sejarah dan fungsi perangko dalam budaya surat menyurat di masyarakat.

Prangko merupakan salah satu hal penting dalam menggambarkan kebanggaan bangsa. Bagaimanapun, hanya bangsa yang berdaulat dan merdeka yang dapat menerbitkan prangko yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dengan kata lain, prangko menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia diakui oleh dunia.

Sejarah singkat Museum Prangko

Museum Prangko adalah museum khusus. Pendiriannya dilakukan pada 29 September 1983 atas gagasan Ibu Tien Soeharto. Saat itu bertepatan dengan acara pameran prangko yang digelar oleh PT Pos Indonesia pada acara Jambore Pramuka Asia Pasifik Ke IV di Cibubur.

Alamat

Museum Prangko berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Prangko

Jarak museum dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar 46 km dan dari Bandara Halim Perdanakusuma sekitar 12 km. Sedangkan jarak dari Stasiun Gambir sekitar 24 km, jarak dari Stasiun Senen sekitar 21,8 km, dari Terminal Rawamangun sekitar 15 km, dan jarak dari Terminal Kampung Rambutan sekitar 5,7 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)