Museum

Museum Pemadam Kebakaran

Museum Pemadam Kebakaran terletak di Jakarta Timur. Dengan mengunjungi museum ini, pengunjung dapat mengetahui sejarah pendirian dan perkembangan pemadam kebakaran yang awalnya bernama brandweer pada masa Kolonial Belanda. Nama brandweer kemudian berubah menjadi Barisan Pemadam Kebakaran dan sekarang menjadi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta.

Dalam museum ini terdapat beragam peralatan berat dan ringan yang tertata rapi. Berbagai peralatan itu seperti alat pelindung diri untuk petugas pemadam, hingga ragam peralatan yang membantu petugas saat melakukan tugasnya memadamkan kebakaran dan proses penyelamatan.

Salah satu koleksi yang menarik yaitu lonceng panggilan pemadam kebakaran yang sudah ada sejak tahun 1920. Ada juga mobil pemadam kebakaran yang sering dijadikan sebagai objek foto favorit.

Sejarah singkat Museum Pemadam Kebakaran

Museum Pemadam Kebakaran ini merupakan museum khusus yang didirikan pada tahun 2015. Fungsinya tentu saja untuk memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat mengenai sejarah pemadam kebakaran. Museum berada di bawah kepemilikan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta serta dikelola oleh Bidang Pencegahan, Seksi Publikasi, Informasi, dan Pemberdayaan Masyarakat.

Alamat

Museum Pemadam Kebakaran berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Pemadam Kebakaran

Jarak museum dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar 45,3 km dan dari Bandara Halim Perdanakusuma sekitar 11,2 km. Sedangkan jarak dari Terminal Rawamangun sekitar 14 km, dan dari Terminal Kampung Rambutan sekitar 4,9 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di akun Instagram-nya: @museumdamkardki

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)