Museum

Museum Olahraga Nasional

Museum Olahraga Nasional terletak di Jakarta Timur. Museum ini menceritakan sejarah, perkembangan, dan kemajuan pembangunan olahraga di Indonesia.

Bentuk bangunan museum mengacu pada filosofi Indonesia. Bangunan setinggi 17 meter mencerminkan hari kemerdekaan Indonesia. Sedangkan 5 segmen yang mengelilingi bangunan melambangkan jumlah sila pada Pancasila. Untuk desain bangunannya menyerupai bola, mewakili sepak bola yang merupakan olahraga paling populer di Indonesia.

Sumber: akun Youtube Museum Olahraga Nasional

Sejarah singkat Museum Olahraga Nasional

Pembangunan museum diprakarsai oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX saat menjadi Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat tahun 1981. Namun, pembangunan museum baru dimulai beberapa tahun kemudian. Pada 4 Oktober 1987, museum mulai dibangun dan selesai pada tahun 1989.

Setelah selesai, museum diresmikan pada 1989 oleh Presiden Soeharto. Waktu peresmiannya bertepatan dengan hari ulang tahun Taman Mini Indonesia Indan (TMII) Ke-14, tempat museum ini berada.

Pada tahun 1992, pegelolaan Museum Olahraga diserahkan dari Yayasan Panji Olahraga kepada Menteri Negara Pemuda dan Olahraga. penambahan nama “nasional” pada museum menunjukkan skala lebih luas dan menjadikan museum ini sebagai satu-satunya museum olahraga di Indonesia dengan lingkup nasional.

Alamat

Museum Olahraga Nasional berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Olahraga Nasional

Jarak museum dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar 45,8 km dan dari Bandara Halim Perdanakusuma sekitar 10,2 km. Sedangkan jarak dari Stasiun Gambir sekitar 24,4 km, dari Stasiun Senen sekitar 22,1 km, dari Terminal Kampung Rambutan sekitar 4 km, dan jarak dari Terminal Rawamangun sekitar 16 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di websitenya: museumor.kemenpora.go.id

Atau Facebook-nya: @museumolahraga

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud | website museum

Latest posts by RP Budiman (see all)