Museum

Museum Negeri Provinsi Banten

Museum Negeri Provinsi Banten terletak di Kota Serang. Museum ini memiliki koleksi benda budaya dan bersejarah dari masyarakat Banten.

Koleksinya antara lain pakaian masyarakat adat, senjata, koin-koin kuno dan uang tempo dulu, serta replika berbagai rempa-rempah yang pernah menjadi komoditas unggulan masyarakat Nusantara. Selain itu, ada juga kerangka hewan seperti cula badak Jawa, kerangka banteng Jawa, dan koleksi lainnya.

Sejarah singkat Museum Negeri Provinsi Banten

Museum umum ini awalnya menempati Kantor Budaya Banten yang berlikasi di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten. Pada 2013, lokasi museum kemudian dialihkan ke Gedung Pendopo Gubernur lama di Kota Serang.

Pemindahan tersebut dilakukan untuk memudahkan akses pengunjung. Selain itu, Gedung Pendopo Gubernur lama tersebut merupakan peninggalan Cagar Budaya sehingga lebih memiliki latar belakang sejarah. Gedung ini dulunya merupakan Kantor Residen Banten yang didirikan pada 26 Januari 1821.

Museum diresmikan oleh Gubernur Banten Rano Karno pada 29 Oktober 2015. Museum berada dibawah Pengelolaan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Taman Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten.

Alamat

Museum Negeri Provinsi Banten berlokasi di Jalan Brigjen KH Samun No.5, Kota Baru, Kec. Serang, Serang, Banten.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Negeri Provinsi Banten

Jarak museum dari Bandara Soekarno Hatta sekitar 91,3 km. Sedangkan jarak dari Stasiun Serang sekitar 1,2 km. Sementara itu, jarak dari Terminal Pandeglang sekitar 25,5 km dan dari Pelabuhan Merak jaraknya sekitar 33,6 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di Instagram-nya: @museumnegeribanten.official

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)