Museum

Museum MACAN: Profil Singkat dan Alamat

Museum MACAN terletak di Jakarta Barat. Namanya cukup unik karena MACAN bukan sembarang nama. Museum MACAN merupakan singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara).

Sesuai dengan namanya, museum ini mengoleksi beragam karya seni modern dan kontemporer. Dilansir dari websitenya, koleksi Museum MACAN fokus pada seni modern dan kontemporer dari Indonesia, Eropa, Amerika, dan Asia.

Museum ini menampilkan lukisan dan instalasi seni karya berbagai seniman, seperti Ahmad Sadali, Djoko Pekik, Rudi Mantofani, S. Sudjojono, Yayoi Kusama dan lainnya.

Salah satu intalasi seni yang paling populer adalah Infinity Mirrored Room, yaitu instalasi seni berbentuk ruang gelap yang dihiasi cahaya bundar warna warni. Tempat yang sangat keren untuk swafoto.

Sejarah singkat Museum MACAN

Museum MACAN dibuka pada awal November 2017. Museum ini didirikan oleh Haryanto Adikoesoemo dan dikelola oleh Yayasan Museum MACAN.

Haryanto Adikoesoemo adalah seorang kolektor seni yang juga pengusaha dan pemilik PT. AKR Corporindo, perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi bahan dasar kimia dan petroleum.

Semua koleksi museum ini telah dikembangkan selama lebih dari 25 tahun dan dimiliki oleh Haryanto. Sampai tahun 2018, Haryanto memiliki 800-an karya seni.

Alamat

Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) berlokasi di AKR Tower Level M, Jalan Panjang No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum MACAN

Jarak tempuh ke museum dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar 27,2 km. Jarak dari Stasiun Palmerah sektiar 8,3 km dan jarak dari Halte Busway Kebon Jeruk sektiar 400 m.

Museum ini buka setiap hari Selasa-Minggu, jam 10.00-18.00 WIB. Untuk informasi terbaru mengenai acara, jadwal kunjungan dan tiket, kamu bisa lihat di websitenya: museummacan.org

Atau cek juga akun Instagram-nya di: @museummacan

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud | website museum | Tirto

Latest posts by RP Budiman (see all)