Museum

Museum Karst dan Budaya

Museum Karst dan Budaya terletak di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Museum ini berperan sebagai pusat kegiatan dan informasi yang berhubungan dengan karst dan budaya.

Selain itu, museum ini juga berfungsi sebagai tempat mengoleksi flora dan fauna yang berkaitan dengan karst dan budaya, serta sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan terkait karst dan budaya.

Pendirian museum berkaitan dengan adanya Kawasan Karst Maros-Pangkep. Kawasan ini merupakan Kawasan Geopark Nasional yang diperkirakan kedua terbesar di dunia.

Sejarah singkat Museum Karst dan Budaya

Museum diresmikan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup RI, Rachmat Witoelar, pada 5 April 2005. Penetapan museum sebagai museum koleksi Karst dan Budaya dilakukan 22 November 2008 oleh Bupati Pangkep, Syafrduin Nur.

Saat ini museum Karst dan Budaya dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangkep.

Alamat

Museum Karst dan Budaya berlokasi di Kompleks Rumah Jabatan Bupati Pangkep, Jalan Andi Burhanuddin – Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Karst dan Budaya

Jarak museum dari Bandara Sultan Hasanuddin sekitar 35,3 km. Sedangkan jarak dari Terminal Regional Daya Makassar sekitar 38,4 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid II, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)