Museum

Museum Istano Basa Pagaruyung: Profil Singkat dan Alamat

Museum Istano Basa Pagaruyung merupakan museum khusus yang terletak di Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana ini peninggalan dari Kerajaan Pagaruyung.

Jenis koleksi yang dipamerkan di dalam museum terdiri dari historika, keramologika, heraldika, dan numismatika.

Sejarah singkat Istano Basa Pagaruyung

Istano Basa Pagaruyung dahulunya merupakan kediaman dari Raja Alam. Istana ini pun sekaligus sebagai pusat pemerintah dari sistem konfederasi yang dipimpin oleh triumvirat (tiga pemimpin) berjuluk ‘Rajo Tigo Selo’.

Raja Alam dibantu oleh dua wakilnya, yaitu Raja Adat yang berkedudukan di Buo dan Raja Ibadat yang berkedudukan di Sumpur Kudus.

Kedua wakil ini memutuskan berbagai perkara yang berkaitan dengan permasalahan adat serta agama. Namun, jika suatu permasalahan tak dapat terselesaikan, maka barulah Raja Pagaruyung (Raja Alam) turun tangan menyelesaikannya.

Bangunan asli istana ini awalnya berlokasi di Bukit Batu Patah. Setelah insiden tahun 1804, istana ini didirikan kembali. Akan tetapi, bangunan istana terbakar habis pada tahun 1966.

Pada 27 Desember 1976, dilakukan upaya merekonstruksi kembali bangunan istana. Tempatnya sedikit berpindah, yaitu di sisi selatan bangunan asli. Inilah lokasi museum saat ini.

Alamat

Museum Istano Basa Pagaruyung berlokasi di Jalan Sultan Alam Bagagarsyah, Pagaruyung Batusangkar, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Istano Basa Pagaruyung

Jarak tempuh ke museum dari Bandara Minangkabau sekitar 89 km. Jarak dari Terminal Piliang 7 km, dan jarak dari Terminal Dobok 7 km.

Untuk informasi mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di Instagram-nya: @istanobasapagaruyung

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)