Museum

Monumen Kapal Selam: Profil Singkat dan Alamat

Monumen Kapal Selam, atau biasa disingkat Monkasel, tereletak di Surabaya. Kapal Selam ini merupakan bentuk asli dari KRI Pasopati bernomor 410 dari satuan Kapal Selam Armada RI Kawasan Timur (Satselamartim) TNI AL.

KRI Pasopati termasuk ke dalam kelas Whiskey Class atau kelas Cakra di Indonesia. Kapal selam ini dibuat di Vladivostok, Rusia tahun 1952. Panjangnya sekitar 76 meter dengan lebar 6,3 meter.

Kapal ini mulai digunakan oleh TNI-AL pada 29 Januari 1962 dan telah banyak berperan dalam berbagai operasi tempur, salah satunya pada Operasi Trikora tahun 1962.

Koleksi utama dari monumen ini adalah kapal selama itu sendiri. Di dalamnya ditampilkan berbagai peralatan yang digunakan awak kapal selam.

Sejarah singkat Monumen Kapal Selam

Pada 25 Januari 1990, KRI Pasopati dinonaktifkan dari TNI AL.  Pembangunan monumen dimulai pada 1995.

Pembangunan monumen ini ditandai dengan peletakan batu pertama tanggal 1 Juli 1995 oleh Gubernur Jawa Timur, Basofi Sudirman. Saat itu Gubernur didampingi Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Gofar Soewarno.

Monumen Kapal Selam kemudian diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Arief Kushariadi, pada 27 Juni 1998.

Pembangunan Monumen Kapal Selam dilakukan dengan cara memotong bagian kapal menjadi 16 blok.  PT PAL Indonesia berperan dalam hal ini.

Bagian-bagian kapal tersebut kemudian dibawa ke lokasi monumen untuk dirakit ulang hingga menjadi wujud utuh KRI Pasopati.

Kepemilikan monumen berada di bawah tanggung jawab TNI AL. Pengelolalnya adalah Pusat Koperasi Angkatan Laut.

Alamat

Monumen Kapal Selam berlokasi di Jalan Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Lihat Lokasi di Google Maps: Monumen Kapal Selam

Jarak tempuh ke museum dari Stasiun Gubeng sektiar 280 m. Sedangkan jarak dari Terminal Bungurasih sekitar 13 km.

Untuk informasi mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di akun Instagram-nya: @monkaselsurabaya

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid II, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)