Museum

Museum Gereja Batak Karo Protestan (GBKP)

Museum Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) terletak di Deli Serdang, Sumatera Utara. Museum GBKP bertujuan untuk melestarikan dokumen sejarah injil dan budaya Karo.

Berbagai jenis koleksi yang dipamerkan museum ini terdiri dari koleksi benda etnografi, arkeologi, historis, filologi, dan keramologika.

Sejarah singkat Museum Gereja Batak Karo Protestan (GBKP)

Museum Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) mulai dirintis bersamaan dengan perencanaan perayaan Jubileum 100 tahun GBKP. Perayaan ini merupakan peringatan masuknya injil ke Tanah Karo.

Peletakan batu pertama bangunan museum dilakukan pada 30 Juli 1990. Waktunya bertepatan dengan peresmian Taman Jubileum 100 Tahun GBKP tersebut.

Pada awal pembangunannya, gedung museum digunakan sebagai sarana penunjang Retreat Center GBKP. Baru pada tahun 2003, gedung museum ini diserahkan kepada Biro Museum, Perpustakaan dan Kebudayaan Karo GBKP. Peresmian museumnya sendiri baru dilaksanakan pada 11 Agustus 2017 oleh Gubernur Sumatera Utara saat itu.

Alamat

Museum Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) berlokasi di Komplek Taman Jubileum 100 Tahun GBKP Sukamakmur, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Gereja Batak Karo Protestan (GBKP)

Jarak museum dari Bandara Kualanamu sekitar 73 km. Sedangkan jarak dari Stasiun Kereta Api dan dari Terminal Bus Amplas sekitar 45 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)