Museum

Museum Dharma Bhakti Kostrad

Museum Dharma Bhakti Kostrad terletak di Jakarta Pusat. Museum ini mengisahkan mengenai perjuangan dan pengabdian Prajurit Kostrad.

Gedung museum memiliki delapan ruangan. Tak hanya koleksinya, bangunan museum pun memiliki nilai sejarah karena merupakan bangunan yang telah berdiri sejak 1870 dan pernah difungsikan sebagai Kantor Komisaris Belanda.

Pada perkembangannya, gedung ini kemudian digunakan sebagai markas Kostrad yang lahir pada 6 Maret 1961. Mayjen Soeharto pernah perkantor di gedung ini ketika menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Pangkostrad) I. Hingga masa jabatan Pangkostrad XII, gedung ini tetap berfungsi sebagai kantor sebelum kemudian difungsikan sebagai museum.

Gedung ini pernah menjadi saksi bisu dari episode sejarah penting di Indonesia. Saat terjadi peristiwa G30S/PKI tahun 1965, di tempat inilah Mayjen Soeharo merancang strategi pengamanan Soekarno, pencarian korban, dan penumpasan PKI.

Sejarah singkat Museum Dharma Bhakti Kostrad

Pendirian museum digagas pada 1980 oleh Mayjen Wiyogo Atmodarminto yang merupakan Pangkostrad ke-10. Mayjen Wiyogo ingin melestarikan bangunan bersejarah tersebut. Pada 1981, bangunan tersebut sudah menjadi museum saat Pangkostrad dipimpin oleh Letjen TNI Rudini.

Museum Dharma Bhakti Kostrad kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 4 Maret 1997.

Alamat

Museum Dharma Bhakti Kostrad berlokasi di Jalan Merdeka Timur No.3, RT.2/RW.1, Gambir, Jakarta Pusat.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Dharma Bhakti Kostrad

Jarak museum dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar 28 km dan jarak dari Bandara Halim Perdanakusuma sekitar 18 km. Sedangkan jarak dari Stasiun Gambir sekitar 500 m, jarak dari Stasiun Pasar Senen sekitar 3 km, dan jarak dari Terminal Pasar Senen sekitar 3 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)