Museum

Museum Bank Tabungan Negara

Museum Bank Tabungan Negara (BTN) terletak di Jakarta Pusat. Museum ini menceritakan tentang sejarah dan perkembangan BTN sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia.

Sejarah singkat Museum Bank Tabungan Negara

Museum khusus ini menempati Gedung Post Paarbank. Gedung ini telah digunakan sebagai kantor BTN sejak zaman Pemerintahan Hindia Belanda. Cikal bakal BTN memang dimulai dengan didirikannya Post Paarbank di Batavia pada tahun 1897.

Dalam perkembangan sejarahnya, pada 1942 saat pendudukan Jepang di Indonesia, bank ini dibekukan dan diganti dengan Tyokin Kyoku atau Chokinkyoku.

Pada 1950 saat era Indonesia merdeka, bank ini berubah menjadi Bank Tabungan Pas. Lebih dari satu dekade kemudian, pada 1963, gedung bank tersebut menjadi bangunan BTN, yang kemudian menjadi lokasi museum.

Alamat

Museum Bank Tabungan Negara berlokasi di Jalan Gajah Mada No.1, RT.2/RW.8, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Bank Tabungan Negara

Jarak museum dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar 26,2 km dan jarak dari Bandara Halim Perdanakusuma sekitar 16,8 km. Sedangkan jarak dari Stasiun Gambir sekitar 3,6 km, dari Stasiun Senen sekitar 5,9 km, dari Terminal Rawamangun sekitar 13,2 km, dan dari Terminal Kampung Rambutan sekitar 25,8 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)