Museum

Museum Subkoss Garuda Sriwijaya

Museum Subkoss Garuda Sriwijaya terletak di Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Museum khusus ini menceritakan mengenai sejarah revolusi fisik di Lubuk Linggau. Pada masa itu, Lubuk Linggau menjadi Pusat Komando TNI tertinggi untuk wilayah Sumatera Selatan.

Jenis koleksi yang dipamerkan di museum ini meliputi benda-benda historika dan arkeologika.

Sejarah singkat Museum Subkoss Garuda Sriwijaya

Pembangunan museum ini bersamaan dengan Monumen Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya. Pemrakarsanya adalah Gubernur Sumatera Selatan saat itu, Sainan Sagiman. Museum diresmikan pada tahun 1988. Bangunan museum adalah bekas rumah Bupati Musi Rawas.

Saat ini museum berada di bawah kepemilikan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Pengelolanya adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lubuk Linggau.

Alamat

Museum Subkoss Garuda Sriwijaya berlokasi di Jalan Garuda No. 1, Bandung Kanan, Lubuk Linggau Barat II, Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Subkoss Garuda Sriwijaya

Jarak museum dari Bandara Silampari sekitar 8,6 km. Sedangkan jarak dari Stasiun Lubuk Linggau sekitar 850 m dan jarak dari Terminal Tipe C Wates sekitar 6,5 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di websitenya: subkossperjuangan.com

Atau Instagram-nya: @museum_subkoss1988

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud | website museum

Latest posts by RP Budiman (see all)