Museum

Museum Situs Lubang Tambang Mbah Soero

Museum Situs Lubang Tambang Mbah Soero terletak di Sawah Lunto, Sumatera Barat. Museum khusus ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Galeri Info Box dan Lubang Tambang Mbah Soero.

Galeri Info Box dulunya merupakan tempat penumpukan batu bara atau stock field. Sedangkan lubang tambang Mbah Soero adalah galian asal batu bara tersebut.

Sejarah singkat Museum Situs Lubang Tambang Mbah Soero

Lubang Tambang Mbah Soero dibuka pada tahun 1898. Lubang tambang ini menjadi yang pertama di Lembah Segar.

Pada tahun 1947, dibangun sebuah Gedung Pertemuan Buruh (GPB). Fungsi gedung ini sebagai tempat hiburan yang kerap dijadikan tempat berjudi bagi para pekerja tambang yang tinggal di sekitar Kawasan Tanah Lapang dan Air Dingin.

Pada tahun 1965, GPB berubah menjadi Gedung Pertemuan Karyawan (GPK). Partai Komunis kemudian menggunakan gedung ini sebagai ruang pertemuan.

Pada dekade 1970-an, gedung ini beralih fungsi menjadi rumah karyawan tambang batu bara. Fungsi ini berlanjut hingga hingga tahun 2004.

Dari tahun 2004 hingga 2007 Badan Cagar Budaya dan Bangunan melakukan penelitian untuk menentukan apakah gedung ini termasuk dalam kategori benda cagar budaya yang dilindungi. Namun, hasilnya gedung ini tak termasuk dalam kategori cagar budaya. Karena itu, pada tahun 2007, gedung ini dirobohkan dan dibangunlah gedung baru.

Ada yang menarik dari nama Mbah Soero yang digunakan. Menurut hasil penelitian dari Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas dan Kantor Peninggalan Bersejarah pada 2016, nama Mbah Soero adalah nama sosok dalam cerita fiktif.

Dalam cerita yang berkembang di masyarakat setempat, Mbah Soero diceritakan sebagai seorang mandor dari Jawa yang menjadi tokoh panutan bagi pekerja dan buruh pada era penjajahan Belanda. Pada masa tersebut, nama lubang tambang dikenal sebagai Lubang Segar.

Alamat

Museum Situs Lubang Tambang Mbah Soero berlokasi di Jalan Kampung Teleng, Kel. Pasar, Kec. Lembah Segar, Kota Sawah Lunto Sumatera Barat.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Situs Lubang Tambang Mbah Soero

Jarak museum dari Bandara Minangkabau sekitar 109 km. Sedangkan jarak dari Terminal Sawah Lunto sekitar 600 m, jarak dari Terminal Bareh Solok sekitar 30 km, dan jarak dari Terminal Batusangkar sekitar 43 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud | sumbarprov.go.id

Latest posts by RP Budiman (see all)