Museum

Museum Sang Nila Utama

Museum Sang Nila Utama terletak di Pekanbaru, Riau. Nama Sang Nila Utama berasal dari nama seorang Raja Bintan yang berkuasa sekitar abad ke-13 di Pulau Bintan.

Museum ini memiliki koleksi yang berjumlah sekitar lebih dari 4000 benda. Koleksi tersebut terdiri dari benda-benda geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, heraldika, filologika, keramologika, dan seni rupa.

Sejarah singkat Museum Sang Nila Utama

Riau memiliki banyak benda-benda bersejarah. Untuk melestarikannya, pemerintah daerah kemudian mengumpulkan dan mendata benda-benda tersebut secara bertahap sejak tahun 1977.

Benda-benda tersebut kemudian ditampung untuk dijadikan benda koleksi museum. Pembangunan gedung museum baru dimulai pada tahun 1984. Sekitar satu dekade kemudian, museum diresmikan pada 9 Juli 1994 oleh Direktur Jenderal Kebudayaan saat itu, Prof. Edi Sedyawati.

Museum umum ini kini berada dalam kepemilikan dan pengelolaan Dinas Kebudayaan Provinsi Riau.

Alamat

Museum Sang Nila Utama berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No. 194, Tangkerang, Pekanbaru, Riau.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Sang Nila Utama

Jarak museum dari Bandara Sultan Syarif Kasim II sekitar 3.7 km. Sedangkan jarak dari Terminal Pekanbaru sekitar 12.3 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di akunnya Instagram-nya: @museum_sangnila_utama

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)