Museum

Museum Rumah Adat nan Baanjuang

Museum Rumah Adat nan Baanjuang terletak di Bukittinggi, Sumatera Barat. Museum ini menempati Rumah Gadang Bagonjong Gajag Maharam.

Selayaknya rumah gadang, bangunan museum tentu saja berbentuk rumah adat Minangkabau. Bangunan ini memiliki sembilan ruangan dengan anjuang pada bagian kiri dan kanan. Luas bangunannya keseluruhan sekitar 2.798 m2.

Sebagai rumah adat, masih terlihat sisi tradisional pada hampir semua bahan bangunannya. Misalnya saja pada bagian atap bangunan yang terbuat dari ijuk, lalu dindingnya masih terbuat dari kayu atau bambu, serta bangunan ini masih berlantai kayu.

Sumber: akun Youtube Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi

Sejarah singkat Museum Rumah Adat nan Baanjuang

Museum Rumah Adat nan Baanjuang didirikan pada 1 Juli 1935. Pemrakarsanya adalah seorang Belanda bernama Mr. Mondelar Countrolleur.

Bangunan museum pada awalnya merupakan Rumah Adat nan Baanjuang (rumah gadang) yang berada di area kebun binatang. Kepemilikan dan pengelolaan museum saat ini dipegang oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi.

Alamat

Museum Rumah Adat nan Baanjuang berlokasi di Jalan Cindur Mato No. 1, Pasar Atas, Kompleks Kebun Binatang, Bukittinggi, Sumatera Barat.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Rumah Adat nan Baanjuang

Jarak museum dari Bandara Minangkabau sekitar 90 km. Sedangkan jarak dari Terminal bus regional Bukittinggi sekitar 1 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)