Museum

Museum Purna Bhakti Pertiwi: Profil Singkat dan Alamat

Museum Purna Bhakti Pertiwi terletak di Jakarta Timur, tepatnya di dalam komplek Taman Mini Indonesia Indah. Museum ini menyimpan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan Presiden Soeharto dan Ibu Tien Soeharto sejak masa kemerdekaan hingga masa pembangunan.

Arsitektur bangunan utama museum berupa kerucut besar yang dikelilingi sembilan kerucut kecil. Bentuk kerucut ini merupakan adaptasi dari bentuk nasi tumpeng sebagai simbol dari rasa syukur.

Selain benda milik Presiden Soeharto dan Ibu Tien Soeharto, museum ini juga menampilkan koleksi lain seperti benda-benda seni, cenderamata, dan tanda-tanda kehormatan dari dalam dan luar negeri.

Salah satu koleksi unggulannya adalah ajaran dasar-dasar kepemimpinan “Asthabrata” yang divisualisasikan secara artistik dan sistimatis dalam adegan wayang sesuai urutan cerita Wahyu Makutha Rama.

Sejarah singkat Museum Purna Bhakti Pertiwi

Pendirian museum berasal dari gagasan Ibu Tien Soeharto. Sementara pembangunannya dilaksanakan oleh Yayasan Purna Bhakti Pertiwi. Pembangunan museum ini berlangsung selama lima tahun dari 26 Desember 1987 sampai dengan 26 Desember 1992.

Museum kemudian diresmikan pada 23 Agustus 1993 oleh Presiden Soeharto. Tanggal peresmian ini sama dengan tanggal kelahiran Ibu Tien.

Alamat

Museum Purna Bhakti Pertiwi berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Purna Bhakti Pertiwi

Jarak tempuh ke museum dari Bandara Halim Perdanakusuma sekitar 10,5 km. Dari Stasiun Tanjung Barat sekitar 11 km dan dari Terminal Kampung Rambutan berjarak sekitar 3,2 km.  

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud | website tamanmini.com

Latest posts by RP Budiman (see all)