Museum

Museum Polri: Profil Singkat dan Alamat

Museum Polri terletak di Jakarta Selatan. Museum ini menceritakan sejarah polisi sejak era kerajaan hingga era mutakhir.

Selain menggambarkan sejarah terbentuknya Kepolisian Republik Indonesia, museum ini juga menampilkan kasus-kasus terbaru yang ditangani Polisi. Selain itu, museum menyajikan koleksi peralatan dan kendaraan yang digunakan oleh Polisi.

Dengan konsep experience, pengunjung bisa menggunakan benda-benda yang disediakan sehingga bisa merasakan layaknya seorang polisi. Misalnya saja di lobi museum, terdapat mobil patroli polisi yang bisa dimasuki oleh pengunjung.

Sejarah singkat Museum Polri

Museum ini pada awalnya bernama Museum Kriminologi yang sudah berdiri sejak tahun 1958. Sedangkan Museum Polri diresmikan pada tahun 2009.

Alamat

Museum Polri berlokasi di Jalan Trunojoyo 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Polri

Jarak tempuh ke museum dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar 31,4 km dan jarak dari Bandara Halim sektiar 13,8 km. Dari Stasiun Gambir jaraknya 12,7 km, dari Stasiun Senen 12,6 km, dari Terminal Kampung Rambutan 21,1 km, dan dari Terminal Rawamangun berjarak 17,6 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk, kamu bisa lihat di websitenya: museumpolri.org

Atau Instagram-nya di: @museumpolri

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)