Museum

Museum Perjuangan Bogor: Profil Singkat dan Alamat

Sesuai namanya, Museum Perjuangan Bogor terletak di Kota Bogor. Museum ini memiliki berbagai koleksi yang terkait dengan perjuangan dalam melawan penjajahan.

Beberapa koleksinya antara lain berupa senjata, baik tradisional maupun modern, yang pernah digunakan untuk bertempur. Koleksi senjata tersebut tersimpan rapi dan menjadi koleksi khusus di museum ini.

Selain itu, terdapat juga berbagai koleksi mata uang dan replika keheroikan beragam pertempuran yang pernah terjadi di wilayah Bogor selama kurun waktu 1945—1950.

Sejarah singkat Museum Perjuangan Bogor

Gedung Museum Perjuangan Bogor juga bersejarah. Dibangun pada 1879, awalnya gedung ini dimiliki oleh pengusaha Belanda bernama Wilhelm Gustaf Wissner. Saat itu gedung berfungsi sebagai gudang ekspor komoditas pertanian di Bogor.

Setengah abad kemudian, gedung ini kemudian digunakan oleh Partai Indonesia Raya sebagai kantor dengan nama Gedung Persaudaraan.

Pada era pendudukan Jepang, gedung ini digunakan sebagai tempat persiapan kemerdekaan Indonesia.

Setelah Indonesia merdeka, gedung ini lalu digunakan oleh berbagai komunitas untuk menjalankan kegiatannya sampai akhirnya menjadi museum pada 1957.

Museum diresmikan pada 10 November 1957 oleh Komandan Korem 061/Suryakancana Letnan Kolonel Isak Juarsa. Saat ini museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor.

Alamat

Museum Perjuangan Bogor berlokasi di Jalan Merdeka No. 56, Ciwaringin, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Perjuangan Bogor

Jarak tempuh ke museum dari Stasiun Bogor sekitar 1 km, dari Terminal Baranangsiang 3,7 km, dan dari Alun-alun Empang Bogor sekitar 2,9 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)