Museum

Museum Negeri Sumatera Selatan

Museum Negeri Sumatera Selatan atau disebut juga Museum Balaputradewa terletak di Kota Palembang. Museum ini menceritakan sejarah Sumatera Selatan mulai dari masa praaksara, masa Sriwijaya, masa Kesultanan Palembang, masa Kolonial, hingga masa Kemerdekaan.

Selain terdapat pembagian berdasarkan periodenya, museum ini juga menampilkan kebudayaan dan kesenian yang di Sumatera Selatan. Koleksnya berupa benda seni rupa dan seni kriya, seni ukir serta seni tenun. Ada juga mengenai tradisi tulis di Sumatera Selatan. Selain itu, ada pula contoh arsitektur tradisional berupa Rumah Limas dan Rumah Ulu.

Selain beragam koleksi seni dan etnografi, museum ini juga memiliki jenis koleksi biologika, geologika, filologika, arkeologika, historika, numismatika, keramologika, dan teknologika. Koleksi unggulannya adalah koleksi rumah limas, batu gajah, emas swarna patra, dan arca Bussha perunggu Wairocana.

Sejarah singkat Museum Negeri Sumatera Selatan

Museum ini diresmikan pada tanggal 5 November 1984. Pengembangan bangunan museum kemudian dilaksanakan pada tahun 1997/1998.

Pada awalnya, Museum Negeri Sumatera Selatan hanya membawahi satu museum saja. Namun, seiring berkembangnya museum dan bertambahnya koleksi, saat ini museum membawahi dua tema museum, yaitu Museum Negeri Sumatera Selatan atau Museum Balaputradewa sendiri dan juga Museum Tekstil.

Sebagai catatan, nama Balaputradewa diambil dari nama salah seorang Raja Sriwijaya. Raja ini berkuasa pada abad ke-9.

Kepemilikan museum dipegang oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan. Pengelolanya pun adalah dinas yang sama.

Alamat

Museum Negeri Sumatera Selatan berlokasi di Jalan Sriwijaya I No. 288, KM. 5,5, Alang-Alang Lebar, Srijaya, Palembang.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Negeri Sumatera Selatan

Jarak museum dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sekitar 8 km dan dari Pelabuhan Sungai Bom Baru sekitar 6 km. Sedangkan jarak dari  Jembatan Ampera sekitar 6 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di akun Instagram-nya: @museum_balaputradewa

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud | southsumatratourism.com

Latest posts by RP Budiman (see all)