Museum

Museum Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat

Museum Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat terletak di Kota Makassar. Monumen dan museum ini dibuat untuk mengenang para pahlawan yang berjuang dalam misi pembebasan Irian Barat pada 1962.

Ruang museum berada di lantai 4 Monumen ini. Di dalam museum terdapat diorama dan beragam replika seperti replika pakaian serta ruang kerja Panglima Mandala.

Sejarah singkat Museum Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat

Museum Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat mulai dibangun pada 1994. Pemrakarsanya adalah Gubernur Sulawesi Selatan saat itu, H.A. Zaenal Basri Palaguna. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Soesilo Soedarman pada 11 Januari 1994.

Monumen ini kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 19 Desember 1995. Kepemilikan dan pengelolaan museum dipegang oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Alamat

Museum Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat berlokasi di Jalan Jend. Sudirman No. 2, Kel. Baru, Kec. Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat

Jarak museum dari Bandara Sultan Hasanuddin sekitar 20,7 km. Sedangkan jarak dari Terminal Mallengkeri sekitar 7,8 km, dan jarak dari Terminal Cappa Buda sekitar 12,1 km. Sementara itu, jarak dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar sekitar 3,3 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid II, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)