Museum

Museum Mande Rubiah

Museum Mande Rubiah terletak di Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Museum ini mengoleksi benda-benda peninggalan para pewaris Rumah Gadang Mande Rubiah. Tak heran, bangunan museum menempati Rumah Gadang Mandeh Rubiah.

Dalam Rumah Gadang ini, lantainya merupakan lantai panggung yang mempunyai ketinggian 1,6 m dari permukaan tanah. Sedangkan tiang utamanya terdiri dari 8 buah berbentuk silinder dan masih asli. Bagian bangunan lainnya yang masih asli adalah bagian depannya.

Sejarah singkat Museum Mande Rubiah

Museum Mande Rubiah didirikan pada 8 Maret 1980. Pendirian museum ini merupakan hasil keputusan Muskala Kanwil P&K Provinsi Sumatera Barat.

Jika ditilik sejarahnya, Rumah Gadang Mande Rubiah ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-14. Pemiliknya memiliki hubungan dengan Kerajaan Pagaruyung.

Pewaris rumah gadang saat ini merupakan keturunan ke-7 dan memiliki gelar Mande Rubiah. Oleh karena itu, kepemilikan dan pengelolaan museum tentu saja dipegang oleh Keluarga Mande Rubiah.

Alamat

Museum Mande Rubiah berlokasi di Jalan Bundo Kanduang, Kp. Lubuk Sitepung Nagari, Lunang, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Mande Rubiah

Jarak museum dari Bandara Minangkabau sekitar 256 km. Sedangkan jarak dari Ibukota Kabupaten sekitar 153 km dan jarak dari Ibukota Provinsi sekitar 230 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)