Museum

Museum Lambung Mangkurat: Profil Singkat dan Alamat

Museum Lambung Mangkurat atau yang biasa disingkat Muslam terletak di Kota Banjarbaru. Namanya, yaitu Lambung Mangkurat, berasal dari nama tokoh Hikayat Banjar.

Bangunan museum cukup unik. Pada bangunan pameran tetap, langgam atau bentuknya disesuaikan dengan arsitektur tradisional rumah tradisional Banjar yang disebut Bubungan Tinggi. Sedangkan bentuk gedung perkantoran dan auditoriumnya dibangun dengan arsitektur modern.

Koleksi yang dipamerkan di dalam museum terdiri dari jenis berbagai jenis, seperti geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa, dan teknologika.

Sejarah singkat Museum Lambung Mangkurat

Museum ini punya sejarah panjang. Sejarahnya bisa diurutkan dari tahun 1907 saat Pemerintah Hindia Belanda mendirikan Museum Borneo.

Dalam perkembangannya, museum sempat beberapa kali berganti nama menjadi Museum Kalimantan pada 1955, lalu Musuem Banjar pada 1967.

Museum Lambung Mangkurat sendiri mulai dibangun secara bertahap sejak 1974. Museum kemudian diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Daoed Joesoef pada 10 Januari 1979.

Pengelolaan museum saat ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Alamat

Museum Lambung Mangkurat berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani KM. 36 Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Lambung Mangkurat

Jarak tempuh ke museum dari Bandara Syamsuddin Noor sekitar 8 km. Jarak dari terminal Induk Pal 6 sekitar 36 km, dan jarak dari Pelabuhan Trisakti sekitar 40 km.

Untuk informasi mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di websitenya: muslam.kalselprov.go.id

Atau Instagram-nya di: @muslamofficial

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid II, Kemendikbud | website museum

Latest posts by RP Budiman (see all)