Museum

Museum Indo’ Ta’dung

Museum Indo’ Ta’dung terletak di Toraja Utara. Museum ini mengoleksi beragam peralatan rumah tangga Suku Toraja, seperti piring, mangkuk, kendi, cangkir, dan guci kecil.

Selain peralatan rumah tangga tersebut, terdapat pula perlengkapan upacara, perlengkapan perang, perlatan tenun, serta hiasan hewan yang diawetkan.

Koleksi ungulan museum berupa bendera merah putih yang pertama kali dikibarkan di Toraja pada tanggal 17 Agustus 1946. Bendera ini dijahit oleh Indo’ Ta’dung.

Sejarah singkat Museum Indo’ Ta’dung

Museum Indo’ Ta’dung telah dirintis sejak tahun 1964. Pada awalnya, koleksi museum dikumpulkan di salah satu sudut rumah adat Kesu’ yang ada di lingkungan Ke’te’ Kesu’.

Dalam perkembangannya, koleksi-koleksi museum tersebut kemudian dipindahkan ke rumah adat Tongkonan Rura Lompo. RUmah adat ini dibangun pada 1998.

Kepemilikian museum dipegang oleh Keluarga besar Indo’ Ta’dung dan Sarungallo. Sedangkan pengeloaannya dilakukan oleh ahli waris Indo’ Ta’dung.

Alamat

Museum Indo’ Ta’dung berlokasi di Obyek Wisata Ke’te’ Kesu’ Pantanakanlolo, Kec. Kesu’, Kab. Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Indo’ Ta’dung

Jarak museum dari Pusat Kota Rantepao sekitar 4 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid II, Kemendikbud

Latest posts by RP Budiman (see all)