Museum

Museum Hakka Indonesia

Museum Hakka Indonesia terletak di Jakarta Timur. Museum ini menceritakan kisah perjuangan nenek moyang orang Hakka yang bermigrasi ke Indonesia. Mereka meninggalkan kampung halamannya di Cina Selatan karena bencana alam atau peperangan.

Di tempat perantauan, mereka bekerja sebagai pedagang kecil, petani, kuli tambang, atau buruh perkebunan. Namun, banyak juga di antara mereka yang menjadi sukses dan bisa berkontribusi bagi pembangunan ekonomi masyarakat setempatnya.

Kisah perjuangan ini dimaksudkan untuk menjadi inspirasi bagi generasi muda. Kontribusi masyarakat Hakka di Indonesia sudah ada sejak era kerajaan Nusantara hingga era Republik Indonesia. Museum terbagi atas tiga ruang pamer, yaitu Museum Tionghoa Indonesia, Museum Hakka Indonesia, dan Museum Yongding Hakka Indonesia.

Sejarah singkat Museum Hakka Indonesia

Museum Hakka Indonesia adalah museum khusus yang diresmikan pada tahun 2014. Saat ini museum berada di bawah kepemilikan Yayasan Hakka Indonesia. Pengelola museum pun merupakan yayasan yang sama.

Alamat

Museum Hakka Indonesia berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Hakka Indonesia

Jarak museum dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar 48 km dan jarak dari Bandara Halim Perdanakusuma sekitar 12,3 km. Sedangkan jarak dari Terminal Rawamangun sekitar 15,1 km, dan jarak dari Terminal Kampung Rambutan sekitar 6,8 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di websitenya: museumhakkaindonesia.com

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud | website museum

Latest posts by RP Budiman (see all)