Museum

Museum Goedang Ransoem

Museum Goedang Ransoem terletak di Sawahlunto, Sumatera Barat. Bangunan museum dulunya merupakan dapur umum bagi pekerja tambang masa penjajahan Belanda. Tak heran, koleksi museum adalah seputar peralatan masak.

Museum ini memiliki koleksi yang terdiri dari berbagai peralatan masak seperti tungku pembakaran, periuk, lansang, dan dandang sabet. Ada juga benda-benda lain seperti sekop daun, gergaji lobang, replika pakaian, foto dokumentasi lama Sawahlunto, songket, dan keramik.

Sumber: akun Youtube Humas Setdako Sawahlunto

Sejarah singkat Museum Goedang Ransoem

Dapur umum tersebut didirikan pada tahun 1918. Dapur umum ini dilengkapi dengan dua buah gudang besar dengan tungku pembakaran atau steam generator untuk memasak dalam jumlah besar.

Dalam perjalanannya, bangunan dapur ini sempat beralih fungsi. Pada era tahun 1970-an dan 1980-an, bangunan dapur dimanfaatkan sebagai tempat pendidikan sekaligus perumahan bagi karyawan Tambang Batubara Ombilin.

Sampai dengan awal tahun 2005, bangunan ini masih digunakan sebagai tempat tinggal oleh masyarakat setempat. Namun, sudah sejak tahun 2004, bangunan yang berada dalam kompleks bersejarah ini mulai dikonservasi. Hingga akhirnya, bangunan ini digunakan sebagai museum.

Museum Goedang Ransoem diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 17 Desember 2005.

Alamat

Museum Goedang Ransoem berlokasi di Jalan Abdul Rahman Hakim, Kel. Air Dingin, Kec. Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Goedang Ransoem

Jarak museum dari Bandara Minangkabau sekitar 95 km.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud | kebudayaan.kemdikbud.go.id

Latest posts by RP Budiman (see all)