Museum

Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia

Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia (MFIK & TR) terletak di Jakarta Timur. Museum ini memiliki koleksi satwa-satwa asli Indonesia dalam bentuk yang sudah diawetkan.

Selain itu, museum yang dilengkapi dengan taman ini juga menyajikan beragam jenis spesies satwa reptilia dan amfibia hidup lengkap dengan fasilitas kandang tertutup dan terbuka.

Sejarah singkat Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia

MFIK & TR dibangun pada tahun 1975 dan diresmikan pada 20 April 1978. Museum ini merupakan museum pertama di Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dalam perkembangannya, fasilitas museum kemudian ditambahkan dengan sebuah taman reptilia yang mengelilingi bangunan museum. Taman ini dibangun pada 19 Oktober 1999.

Pada tahun 2010, Menteri Kehutanan menambah peran museum sebagai Lembaga Konservasi eks situ dalam bentuk taman satwa. Sejak saat itu, tugas dan fungsi museum bertambah menjadi sarana pengembangbiakan dan penyelamatan satwa asli indonesia agar kelestarian, keberadaan, dan kedayagunaan satwa tersebut tetap terjaga.

Pada tahun 2015 sampai awal tahun 2016, MFIK & TR mengalami perubahan. Cakupan satwa yang berada di museum difokuskan pada satwa reptilia dan amfibia, awetan, dan hidup. Saat ini museum berada di bawah kepemilikan Sekretariat Negara Republik Indonesia dan dikelola oleh Yayasan Harapan Kita.

Alamat

Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur.

Lihat Lokasi di Google Maps: Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia

Jarak museum dari Bandara Soekarno-Hatta 46 km dan dari Bandara Halim Perdanakusuma sekitar 11,9 km. Sedangkan jarak dari Stasiun Gambir sekitar 23,9 km, jarak dari Stasiun Senen sekitar 21,7 km, jarak dari Terminal Kampung Rambutan sekitar 5,6 km, dan jarak dari Terminal Rawamangun sekitar 17,6 km.

Untuk informasi kunjungan mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di akun Instagram-nya: @tmiireptilepark

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud | tamanmini.com

Latest posts by RP Budiman (see all)