Museum

Monumen Pers Nasional: Profil Singkat dan Alamat

Monumen Pers Nasional terletak di Solo. Monumen sekaligus museum ini menyajikan pengetahuan serta dokumentasi tentang sejarah pers Indonesia.

Koleksi benda bersejarahnya berasal dari Sabang sampai Merauke. Dengan mengunjungi monumen ini kamu bisa napak tilas para pejuang di bidang pers dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Beberapa koleksinya antara lain berbagai koran lama, mesin ketik, dan kamera.

Sumber: akun Youtube Monumen Pers Nasional

Sejarah singkat Monumen Pers Nasional

Pada tahun 1933, bangunan monumen merupakan sebuah gedung bernama Gedung Societeit. Di tempat inilah diadakan rapat yang pada akhirnya melahirkan stasiun radio baru bernama Solosche Vereeniging (SRV). Ini adalah radio pertama kaum pribumi dengan semangat kebangsaan. Saat itu rapat  dipimpin oleh R.M. Ir. Sarsito Mangunkusumo.

Gedung ini juga bersejarah bagi perjalanan dunia pers Indonesia. Organisasi profesi kewartawanan pertama, yaitu Persatuan Waratawan Indonesia (PWI), lahir di sini pada 9 Februari 1946. Tanggal ini kemudian ditetapkan sebagai hari lahir Persatuan Wartawan Indonesia dan Hari Pers Nasional.

Monumen Pers diresmikan pada 9 Februari 1978 oleh Presiden Soeharto. Ini sebagai bentuk penghargaan terhadap peran pers dalam perjuangan Bangsa Indonesia. Saat ini kepemilikannya berada di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Alamat

Monumen Pers Nasional berlokasi di Jalan Gajah Mada No. 59, Surakarta, Jawa Tengah.

Lihat Lokasi di Google Maps: Monumen Pers Nasional

Jarak tempuh ke museum dari Bandar Udara Adi Sumarmo sekitar 13,2 km. Sedangkan jarak dari Stasiun Solo Balapan sekitar 1,1 km.

Untuk informasi mengenai waktu berkunjung dan harga tiket masuk terbaru, kamu bisa lihat di websitenya: mpn.kominfo.go.id

Atau Instagram-nya di: @monumenpers

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Museum di Indonesia

Baca Juga: Peta Lokasi dan Sebaran Museum di Indonesia

Kamu sudah pernah berkunjung? Tulis review-nya di kolom komentar ya!

Referensi: Buku Katalog Museum Indonesia Jilid I, Kemendikbud | website museum

Latest posts by RP Budiman (see all)